Image description
Image captions

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik optimis Ahmad Riza Patria akan terpilih menjadi Wagub DKI. Dia menyebut, Wagub pendamping Anies Baswedan sudah terpilih pada bulan Februari mendatang.

Awalnya, Taufik disinggung apakah yakin di DPRD DKI bakal kuorum memilih Riza menjadi Wagub. Kemudian, dia ditanya soal Nurmansjah Lubis (Ancah), pesaing Riza yang disebut mengantongi 40 dukungan suara dari 106 anggota dewan.

"Kalau ditanya, jalan enggak? jalan, insya Allah jalan, jangan berandai-andai enggak menang, gimana sih, Insya Allah Ariza jadi wakil gubernur, kira-kira minggu kedua bulan Februari selesai," kata Taufik di Penang Bistro, Jakarta Pusat, Jumat (31/1).

Taufik mengklaim Riza mengantongi 66 suara anggota dewan dari berbagai fraksi partai yang jumlahnya lebih banyak dari Nurmansjah. Dengan itu, dia sangat yakin Riza duduk di kursi DKI-2.

"Kalau Ancah 40, ya kami 66, jadi kami menang, jadi 40 kan belum menang, jadi kira kira Gerindra hari ini dapat berapa? 66 deh menang, saya kira itu, jangan berandai andai enggak menang," tegas Taufik.

"Saya sampaikan ini bukan asal ngomong juga, kita juga punya data hasil komunikasi kita," ujarnya.

Di kesempatan sama, Riza menilai sah-sah saja bila Nurmansjah mengklaim punya 40 dukungan suara. Dia menyerahkan kepada pemilik suara.

"Soal 40 ya boleh bang Ancah klaim 40, kalau bang Taufik bilang 66, saya kira bagi saya kita serahkan kepada yang punya hak pilih yaitu 106 (anggota dewan)," kata dia.

Riza merahasiakan fraksi partai mana yang mendukungnya menjadi Wagub DKI.

"Kalau soal memetakan saya tidak ingin memetakan, mengidentifikasi, partainya apa saja, kursinya apa, ideologinya apa, kebijakannya apa, kecenderungannya apa, saya tidak ingin bicara," ucap Riza