Image description
Image captions

 Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei calon presiden 2024. Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno, elektabilitas Anies Baswedan di 2024 menurun lantaran banjir yang melanda Jakarta sejak 1 Januari 2020.

"Terpaan banjir dari awal Januari sampai sekarang itu efektif membuat elektabilitas Anies terjun bebas," ujar Adi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/2).

Dalam survei ini, kepercayaan publik terhadap Anies hanya 7,98 persen. Di atas Anies ada nama Ganjar Prabowo sebesar 8,8 persen dan Sandiaga Uno sebesar 9,1 persen. Ada juga nama Basuki Tjahaja Purnama sebesar 5,2 persen.

Sementara untuk capres dengan latar belakang militer diungguli Prabowo Subiantosebesar 17,3 persen, AHY 5,4 persen, Gatot Nurmantyo 2,0 persen, dan Andika Prakasa 1,3 persen.

Menurut Adi, banjir di DKI Jakarta menjadi penyebab elektabilitas Anies menurun, bukan formula E yang akan diselenggarakan di Monas yang membuat elektabilitas Anie menurun.

"Hanya banjir yang kalahkan Anies, bukan formula E, lem aibon atau buzzer," kata Adi.

Tanpa Prabowo, Sandiaga Unggul

Dari survei PRC, capres teratas masih dipegang Prabowo Subianto. Responden memilih Prabowo dengan 17,3 persen, AHY 5,4 persen, Gatot Nurmantyo 2,0 persen, Andika Prakasa 1,3 persen. Sementara Sandiaga Uno dengan jumlah 9,1 persen, Ganjar Pranowo 8,8 persen, Anies Baswedan 7,98 persen, dan Basuki Tjahaja Purnama 5,2 persen.

Saat nama Prabowo dikesampingkan dari survei, responden memilih Sandiaga Uno. Dengan kertepilihan 17,9 persen dan Anies Baswedan 11,9 persen.

"Kita tanya ke responden, jika Pemilu Presiden diadakan hari ini siapa calon presiden yang akan Bapak Ibu pilih dari 25 nama calon. Hasilnya, Sandiaga Uno memperoleh 17,9 persen dan Anies Baswedan sebesar 11,9 persen," katanya.

Survei dilakukan dengan cara wawancara atau face to face dengan responden sebanyak 2.197 yang tersebar di 220 desa. Margin of eror survei ini 2,13 persen dengan tingkat kepercayaan survei 95 persen.0 mdk