Image description
Image captions

Setelah melaksanakan misi Operasi Trisakti-20, Pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia III (Pam ALKI III) di wilayah provinsi Kepulauan Maluku, 3 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, Skadron Udara 3 dengan call sign Dragon Flight tiba di Home Base di Lanud Iswahjudi, Jumat (20/3/2020).

Kembalinya Dragon Flight dengan flight leader Komandan Skadron Udara 3, Letkol Pnb Agus Dwi Arianto ini, disambut langsung oleh Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, SE, M.M beserta Danwing 3, Kolonel Pnb M. Satrio Utomo, SH dan para pejabat jajaran Lanud Iswahjudi.

Namun ada yang berbeda dalam penyambutan kali ini, setibanya di shelter Skadron Udara 3, satu tim dari RSAU Dr. Efram Harsana, Lanud Iswahjudi sudah siap dengan peralatannya untuk mensterilkan seluruh crew dan pesawat dengan desinfektan, hal ini semua sebagai bentuk antisipasi terkait merebaknya virus Covid-19. Seluruh penerbang dan crew yang baru saja kembali dari misi operasi di Ambon ini, diwajibkan menjalani prosedur sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang sangat membahayakan ini.

Operasi Trisakti-20 dalam melaksanakan Pengamanan ALKI III ini telah berlangsung sejak tanggal 9 Maret 2020 dengan pangkalan aju di Lanud Patimura, Ambon. Meskipun saat ini seluruh dunia dihebohkan dengan penyebaran virus Corona Covid-19, namun tugas-tugas operasi udara dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI tetap dilaksanakan, sesuai dengan komitmen Panglima TNI “Kami Bekerja Di Sini Untuk Anda, Anda Tetap Di Rumah Untuk Kita Semua”.