Image description
Image captions

Sekretaris Jenderal Front Pembela Islam (FPI), Munarman, membenarkan beredarnya foto beberapa anggota FPI yang ikut membersihkan area dalam Gereja Bethel Indonesia (GBI) di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat. Foto ini viral tersebar di media sosial dan menuai pujian serta apresiasi dari warganet.

Dalam foto tersebut terlihat tiga petugas mengenakan pakaian yang biasa digunakan Laskar Pembela Islam (LPI) sedang melakukan penyemprotan disinfektan. Sementara, dari sudut belakang, seorang muslimah mengenakan jilbab berwarna hitam sedang terlihat mendokumentasikan kegiatan. Di baju bagian belakangnya tertulis Mujahidah Pembela Islam (MPI) yang merupakan salah satu organisasi otonom di bawah FPI.

“Iya betul anggota FPI,” kata Munarman saat dikonfirmasi, Ahad (19/4). Munarman menyampaikan, FPI selalu membantu saudara sebangsa, terutama bagi mereka yang saat ini terdampak Covid-19.

FPI selalu hadir di tengah masyarakat, ujarnya, tatkala ada bencana. FPI tidak memandang latar belakang serta identitas masyarakat tersebut.
Dia menyatakan, Islam mengajarkan untuk berbuat baik kepada siapa pun, termasuk kepada saudara sebangsa sebagai. Ini senagai wujud dari ukhuwah insaniah dan ukhuwah basyariyah.

“Dalam masalah kemanusiaan, kami membantu orang yang sedang mengalami kesulitan, tanpa memandang agama, suku, dan bangsa. Itu adalah ajaran Islam,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui, Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat saat ini menjadi kelurahan dengan jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak di DKI Jakarta.

Data terbaru yang diumumkan pada Kamis (16/4/2020) mencatat ada 46 pasien positif Covid-19 di wilayah tersebut.0