Image description
Image captions

Salah satu kendala belajar daring yakni akses internet. Pasalnya, tidak semua anak memiliki akses internet yang cukup untuk belajar daring.

Menyadari hal itu, Kodim Lamongan meluncurkan Program One Koramil One WiFi, untuk pelajar yang sedang belajar secara daring. Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono menuturkan, di masa adaptasi menuju kebiasaan baru, masyarakat diharapkan tetap mengikuti protokol kesehatan. Tak terkecuali anak sekolah yang melakukan proses pembelajaran secara daring.

"Pembelajaran sistem daring hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan akses internet. Sedangkan tidak semua memiliki jaringan internet. Tidak semua memiliki handphone Android dan tidak semua wilayah terjangkau jaringan internet," kata Sidik pada wartawan, Senin (24/8/2020).

Kondisi ini, lanjut Sidik, yang menjadi masalah bagi sebagian pelajar karena tidak dapat mengikuti pembelajaran secara daring. Program One Koramil One WiFi untuk memberikan layanan akses internet gratis kepada pelajar di sekitar Kodim maupun Koramil.

"Sampai hari ini secara keseluruhan layanan One Koramil One WiFi sudah beroperasi di 26 koramil di Lamongan, dan siap melayani pelajar," ungkapnya.

Sidik menuturkan, program ini merupakan bagian dari kehadiran pemerintah dalam membantu pelajar dalam mengakses internet. Apabila ada siswa yang memerlukan sambungan internet, bisa langsung datang ke Koramil terdekat.

"Kepada adik-adik yang mengalami kendala jaringan atau akses internet silahkan belajar di makoramil, kita sediakan WiFi gratis. Tidak usah takut, tinggal laporan kepada yang jaga saja," pungkasnya.