Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana memantau aktivitas dan penerapan protokol kesehatan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Antrean penumpang yang mengular menjadi sorotan Irjen Nana.

"Dalam rangka, saya untuk mengecek bagaimana kesiapan anggota, memang faktanya kita bisa lihat sendiri memang ini cukup padat sekali. Lokasinya pun tidak memungkinkan, masih kurang cukup, tetapi masih lakukan untuk selalu ingatkan mereka," kata Nana di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2020).

Menurut Nana, terjadi lonjakan jumlah penumpang di Stasiun Tanah Abang di masa PSBB transisi ini. Nana menyebut penumpang yang datang dan pergi dari stasiun ini sekitar 70 ribu orang per hari.

"Masa PSBB awal itu sekitar 45 ribuan dan saat ini di masa PSBB transisi memang sudah mulai adanya penambahan masyarakat yang datang dan pergi, yaitu sekitar 70 ribuan," ungkapnya.

Meskipun terjadi lonjakan jumlah penumpang, Nana menegaskan protokol kesehatan COVID-19 tetap harus berjalan baik. Untuk itu, pihaknya akan selalu mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Jadi anggota kita floating untuk lakukan pengawasan terkait pendisiplinan masyarakat dalam melakukan 3-M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak), khususnya dalam penggunaan masker," ujarnya.

"Jadi saat ini bulan Agustus merupakan kampanye masker, kemudian bulan September adalah kampanye masker ditambah dengan mencuci tangan. Kemudian bulan Oktober kampanye masker, kemudian mencuci tangan ditambah dengan physical distancing atau menjaga jarak," lanjutnya

Pantauan detikcom pada Kamis (27/8/2020), pukul 16.30 WIB Stasiun Tanah Abang ramai dipadati oleh penumpang. Penumpang tampak berjejer mengantre pada antrean yang telah disediakan.

Dalam kesempatan itu, Nana membagikan sejumlah masker kepada penumpang yang sedang mengantre masuk. Setelah itu, ia bersama dengan Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto, serta aparat kepolisian dan TNI masuk ke dalam stasiun untuk memantau penerapan protokol kesehatan.

Berdasarkan hasil peninjauannya, Nana menyimpulkan Stasiun Tanah Abang cukup padat. Ia mengimbau aparat setempat mengingatkan penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan.

Image description
Image captions