Image description
Image captions

Video Kapal TNI AL ditabrak kapal Vietnam viral di media sosial, Minggu (28/4/2019). Dalam video tersebut, terlihat detik-detik kapal bertuliskan Ngu Viet Nam dengan nomor kapal KN-213 itu sengaja menabrak.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulisnya membenarkan video yang beredar tersebut.

Yudo menyatakan, insiden tersebut melibatkan KRI Tjiptadi-381 dengan kapal Pengawas Perikanan Vietnam/Coast Guard Vietnam.

“Kejadian Sabtu (27/4/2019) pukul 14.45 WIB,” bebernya.

Awalnya, kata Yudo, KRI Tjiptadi-381 menangkap kapal ikan Vietnam BD 979 yang sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

Ternyata, kapal itu mendapat kawalan dari Coast Guard Vietnam yang berusaha menghalang-halangi proses penegakan hukum dan kedaulatan NKRI.

“Dengan memprovokasi melalui usaha mengganggu proses penegakan hukum dan kedaulatan dengan cara menumburkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381,” bebernya.

Yudo menegaskan, penangkapan terhadap kapal pencari ikan Vietnam itu sendiri dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku dan berada di koordinat perairan Indonesia.

“Namun pihak Vietnam juga mengklaim bahwa wilayah tersebut merupakan perairan Vietnam,” ujar Yudo.

Akibat tindakan yang dilakukan kapal Coast Guard Vietnam, kapal pencuri ikan Vietnam bocor dan tenggelam sedangkan 12 ABK-nya diamankan ke KRI-Tjiptadi-381.

“Selanjutnya ke-12 ABK Kapal Vietnam dibawa dan akan diserahkan ke Lanal Ranai guna proses hukum selanjutnya,” tutupnya.

Dalam video berdurasi satu menit dua puluh empat detik itu memperlihatkan detik-detik kapal Vietnam sengaja menabrak Kapal TNI AL.

Sejumlah awak Kapal TNI AL itu pun sudah berjaga di sisi kiri kapal dengan senjata lengkap.

Kendati demikian, anggota TNI AL di atas kapal tak merespon dan hanya menunggu sampai akhirnya kapal itu benar-benar menabrak.

Awak kapal TNI AL itu sendiri sudah memperingatkan kapal Vietnam tersebut. Akan tetapi, peringatan lewat ujaran itu tak diindahkan.

Setelah benar-benar menabrak, terdengar sejumlah teriakan dari kapal Vietnam memaki anggota TNI AL.

“F**k you…F**k you,”

Hal itu lantas dibalas anggota TNI AL dengan memukul bagian kaca kapal tersebut.

Berikut video lengkap detik-detik kapal TNI AL ditabrak kapal Coast Guard Vietnam:

https://youtu.be/CdX8Q5xdfhs

0 psid