Image description
Image captions

 Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyarankan agar Wakil Presiden Maruf Amin melakukan pertemuan dengan Habib Rizieq Shihab (HRS) secara non formal.

 

 

"Lakukan rekonsiliasi personal, tanpa ada utusan yang justru akan membuat jarak antara Wapres dan HRS," kata Dedi, seperti dilansir  Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/11).

 

Pendekatan personal ini, kata Dedi, kerap dilakukan oleh Presiden Joko Widodo terhadap para lawan politik, hasilnya jelas lawan politik Jokowi kini menjadi mitra sebagaimana contoh Prabowo Subianto yang akhirnya menjadi Menteri Pertahanan.

 

"Diplomasi personal justru akan menguatkan posisi Wapres sebagai peneduh kegaduhan. Adapun pendekatan personal yang dimaksud Dedi bisa saja Wapres MAruf Amin mengundang langsung HRS ke Istana.

 

"Dan lebih penting lagi steatmen ajakan harus secara langsung dari Wapres bukan jubir atau utusan. Secara psikologis akan menguatkan komitmen Wapres meredakan eskalasi yang muncul karena pulangnya HRS," pungkas Dedi