Image description
Image captions

 

Habib Rizieq Shihab dijadwalkan menjalani pemeriksaan terkait kasus kerumunan di Petamburan hari ini. Namun, hingga sore ini, polisi belum menerima konfirmasi dari pihak Habib Rizieq.

"Kita jadwalkan hari ini pukul 10.00 WIB, tapi sampai hari ini, sampai dengan saat ini, belum ada konfirmasi, baik dengan yang bersangkutan maupun pengacara yang bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Selain Habib Rizieq, menantunya, Hanif Alatas, juga belum memberikan konfirmasi kedatangan kepada pihak kepolisian. Meski begitu, Yusri mengatakan penyidik akan menunggu Habib Rizieq hingga malam ini.

 

"Menjadi pertanyaan kalau sampai hari ini tidak datang, apa yang akan dilakukan penyidik? Kita tunggu sampai malam ini," ujar Yusri.

Yusri meminta Habib Rizieq kooperatif. Polisi berharap Habib Rizieq dapat memenuhi panggilan polisi.

"Jadi nanti kita tunggu. Mudah-mudahan sampai sore nanti, malam nanti dia datang untuk memenuhi panggilan untuk diperiksa kepada MRS dan MHA. Itu harapan kita," tuturnya.

 

Simak penjelasan pihak pengacara FPI di halaman berikutnya.

 


Seperti diketahui, polisi telah menaikkan status kasus kerumunan Petamburan menjadi ke tingkat penyidikan. Untuk mendalami penyidikan ini, polisi memanggil saksi-saksi terkait kasus tersebut.

Sejatinya Habib Rizieq Shihab beserta menantunya, Hanif Alatas, akan dipanggil polisi pukul 10.00 WIB. Namun, hingga berita ini ditulis pada pukul 14.30 WIB, Habib Rizieq belum tampak hadir di Polda Metro Jaya.

Pihak pengacara FPI Ichwan Tuankotta sebelumnya telah angkat bicara terkait kemungkinan kedatangan Habib Rizieq terkait pemeriksaan hari ini.

 

Dia hanya bicara sedikit mengenai kondisi dari Habib Rizieq Shihab yang disebutnya tengah dalam kondisi kelelahan.

"Habib (Rizieq Shihab) sehat. Kecapekan beliau. Ya agak capek beliau itu, kelihatan dari mukanya kelelahan.

Ichwan menambahkan, hingga kini pihaknya pun belum bisa memastikan apakah Habib Rizieq Shihab akan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya hari ini.

"Ya kita belum bisa memastikan," ungkapnya.