Image description
Image captions

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi posko SAR Sriwijaya Air SJ182 di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Irjen Fadil dan Mayjen Dudung tiba di Posko SAR Kemanusiaan Sriwijaya Air SJ182 di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (9/1/2021) malam. Keduanya datang berbarengan ke lokasi sekitar pukul 21.42 WIB. Tampak ikut mendampingi di antaranya Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta.

Ketika tiba, keduanya disambut Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito. Terlihat pula ada Panglima Komando Armada 1 Laksamana Muda Abdul Rasyid Kacong. Mereka berbincang singkat di dekat KRI Teluk Gilimanuk.

 

Mayjen Dudung mengatakan kedatangan mereka untuk ikut mengecek kesiapan operasi SAR kemanusiaan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Jumpa pers di JICT 2Foto: Jumpa pers di JICT 2 (ist)

"Kalau misalnya sudah dievakuasi, kita sudah siapkan bersama dengan pihak kepolisian untuk nantinya sama-sama mempermudah dalam rangka evakuasi," kata Dudung.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil mengatakan pihaknya akan membantu operasi kemanusiaan terhadap Sriwijaya Air SJ182 ini. Polisi sudah menyiapkan Posko DVI di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk mengidentifikasi korban.

"Dan juga kita sudah siapkan kita ada BKO dari Korps Brimob Polri yang memiliki kemampuan SAR laut nanti bersama kapal Polair Mabes Polri. Sudah ada kapal yang ikut bersama teman-teman dari Koarmada 1, sekarang sudah berada di sekitaran TKP bersama Kapolres Kepulauan Seribu," jelasnya.

Irjen Fadil juga meminta masyarakat mendoakan tim SAR agar bisa maksimal dalam melakukan upaya pencarian. Dia berharap jangan ada yang menyebar hoax atas kasus ini.

"Jangan menebarkan berita-berita yang hoax. Itu akan menambah beban saudara-saudara kita yang menjadi korban," jelasnya.