Image description
Image captions

- Cover Koran Tempo berjudul “Tiga Penguasa Bansos” tengah menjadi perbincangan hangat di publik.

 

 

Headline itu memampang gambar tas goodie bag bergambar Juliari Batubara, Ketua Komisi III DPR Herman Herry, dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ihsan Yunus.

 

Disebutkan bahwa sejumlah kantor perusahaan penyedia bantuan sosial di Kemensos yang tengah digeledah KPK diduga terafiliasi oleh Herman Herry dan Ihsan Yunus, di mana keduanya merupakan kader PDI Perjuangan.

 

Tempo menyebut bahwa perusahaan-perusahaan yang terafiliasi pada keduanya mendapat jatah hingga Rp 3,4 triliun atau separuh dari anggaran bantuan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

 

Seiring dengan itu mantan Komisioner KPK yang kini menjadi anggota DPR dari PDIP, Johan Budi tengah dipindahtugaskan dari Komisi II DPR ke Komisi III DPR yang dipimpin Herman Herry.

 

Namun demikian, saat dimintai komentar oleh redaksi mengenai pemberitaan Tempo tersebut, Johan Budi enggan menjawab.

 

"Saya tidak komen (no commmet). Belum juga masuk rapat rapat di Komisi III," kata Johan Budi yang juga mantan Jurubicara KPK kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Selasa (19/1).

 

Johan Budi merekomendasikan redaksi untuk menghubungi anggota Komisi III yang lain jika ingin terus mendalami kasus ini.

 

"Minta komentar anggota Komisi III yang lain aja ya,” imbuhnya