Image description
Image captions

 - 

Ambroncius Nababan ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri lantaran mengunggah kalimat rasisme terhadap Natalius Pigai. Ambroncius Nababan merupakan Ketua Relawan Profesional Jaringan Mitra Negara (Projamin).

"Benar. Terlapor AN kami naikkan statusnya menjadi tersangka," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi kepada detikcom, Selasa (26/1/2021).

Ambroncius merupakan mantan calon legislatif (caleg) dari Partai Hanura. Namun Sekjen Partai Hanura Gede Pasek Suardika menyebut Ambroncius Nababan sudah tidak aktif di Partai Hanura.

Selanjutnya, dalam daftar riwayat kerja, Ambroncius pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah Yayasan Anugerah Abadi (2003), Branch Manager di PT Capella (1998), General Manager Indomarine Tech (2012), dan Dirut PT Asimetris Art (2013).

Dalam dokumen data pribadinya, Ambroncius juga menuliskan daftar penghargaan yang pernah diraihnya, yakni Pola Kimia Pokok USU, Seminar Periklanan Indonesia, TOP Profesional Award 2003 dan Seminar Parta Hanura. Dia juga menerakan daftar riwayat perjuangan mulai dari membentuk DPP/DPD/DPC LKTR Hanura di seluruh i Indonesia, menjadi caleg DPR Sumut Dapil I Partai Hanura pada 2009 dan saksi TPS 1, Babura, Medan, Sumut di tahun yang sama.

 

Data diri tersebut dibuatnya pada 12 April 2013.

"Selama saya jadi sekjen, tidak pernah bertemu beliau aktif di Hanura lagi. Beliau lebih aktif sebagai Ketua Umum Projamin, ormas pendukung Jokowi. Kalau lihat klarifikasi, seragamnya juga pakai seragam Projamin dan berwarna merah," kata Pasek kepada wartawan, Senin (25/1).

Dalam dokumen Daftar Hidup Bakal Calon Anggota DPR di KPU, Ambroncius Nababan tercatat bergelar doktorandus. Dia lahir di Tarutung, Sumatera Utara (Sumut) pada 5 Juli 1957.

Ambroncius Nababan menyelesaikan pendidikan S1-nya di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 1988. Dalam daftar riwayat organisasi, tertera Ambroncius pernah menjabat sebagai Ketua DPC SOKSI Medan baru (1977), Ketua Baladhika Karya Medan (1998), Koordinator Daerah Sumut Partai Hanura (2009), Ketua Umum DPP LKTR Hanura (2013).