Image description
Image captions
Image description
Image captions

 Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) Marsekal Pertama TNI Ian Fuady., Bertidak selaku pimpinan apel khusus pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Kohanudnas tahun 2021 di lapangan apel Kosekhanudnas II  Makassar, Selasa (9/2/21). Apel Khusus peringatan merupakan upaya mensyukuri atas bertambahnya umur Kohanudnas kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta terlaksananya tugas-tugas pertahanan udara Nasional dengan baik.

Pada kesempatan tersebut Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Ian Fuady., membacakan sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.  Disampaikan melalui peringatan hari jadi diharapkan menjadi pendorong semangat untuk meningkatkan kinerja, kebanggaan, dan profesionalisme Kohanudnas dalam melaksanakan tugas pertahanan udara.

Kohanudnas merupakan komando utama TNI dengan tugas yang sangat strategis. Tugas penting ini telah menjadi core business Kohanudnas sejak kelahirannya 59 tahun yang lalu, tepatnya pada 9 Februari 1962. Sepanjang perjalanan tugasnya, Kohanudnas telah mengalami evolusi dalam hal penggunaan peralatan sensor dan senjata sesuai dengan perkembangan teknologi modern. Tantangan Kohanudnas untuk mengawasi dan mempertahankan ruang udara nasional dari segala bentuk ancaman menjadi semakin kompleks. Ruang udara Indonesia yang sangat luas menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Kombinasi semakin mengemukanya kemampuan pesawat tempur generasi ke-5 dan penggunaan wahana nir awak, membuat kita harus berfikir kreatif untuk mengembangkan kemampuan pertahanan udara kedepan. Untuk menghadapi tren ancaman udara modern tersebut dibutuhkan kemampuan komando dan pengendalian yang mengutamakan kecepatan reaksi berdasarkan data dan informasi real-time untuk pengambilan keputusan. Diiringi dengan semangat untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara serta pemikiran kreatif dan inovatif untuk menjadikan Kohanudnas sebagai komando utama TNI yang handal. Saya percaya, seluruh warga Kohanudnas akan mampu menjawab tantangan ini dan bahu-membahu untuk memenuhi sesanti ”Labda Prakasa Nirwikara”.