Image description
Image captions

Virus Corona B117 disebut ditemukan di Karawang, Jawa Barat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga yang tinggal di Ibu Kota untuk waspada.

"Justru ini harus kita sikapi secara bijak dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat 3M, 4M, 5M dan protokol kesehatan lainnya kami minta seluruh masyarakat warga Jakarta tenang dan terus waspada melaksanakan protokol kesehatan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (3/3/2021).

Riza mengatakan warga harus berhati-hati terhadap varian virus Corona ini. Dia mengatakan virus ini bisa saja masuk ke Indonesia lewat kedatangan orang dari luar negeri.

 

 

"Tentu kita memang kita harus berhati-hati terhadap varian virus baru ini dari Inggris, apalagi datangnya pintu pertama lewat pesawat, pintu kedua melalui kapal," kata Riza.

Politikus Gerindra ini meyakini pemerintah pusat telah menyiapkan strategi pencegahan masuknya virus Corona B117 di bandara dan pelabuhan. Dia mengatakan pencegahan di bandara ataupun pelabuhan merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Dua-duanya itu menjadi kewenangan dan otoritas pemerintah pusat. Tentu kita percaya pemerintah pusat, apakah Pelindo, apakah Angkasa Pura, sudah menyediakan mekanisme, aturan dan SOP, dan strategi pencegahan di pintu pintu masuk mungkin hadirnya virus baru itu," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan Pemprov DKI selalu waspada terhadap keberadaan virus ini. Dia mengatakan Pemprov DKI bakal berkoordinasi lebih lanjut soal penanganan virus corona B117.

"Kami tetap waspada, tetap berkoordinasi dengan pusat," tegas Widyastuti.

"Untuk antisipasinya tentu ada langkah-langkah dari tim pusat yang sudah (ada) skenario. Tetap protokol kesehatan harus di jaga dengan penguatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak)," lanjutnya.

Seperti diketahui, virus Corona B117 ditemukan di Kabupaten Karawang. Pemprov Jabar mengungkapkan virus varian baru dari Inggris tersebut menjangkiti dua warga Karawang.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad (Universitas Padjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini," ujar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3).

Kang Emil--sapaan Ridwan--tak menjelaskan umur kedua warga Karawang yang terjangkit virus Corona B117 itu. Namun, yang pasti, kata dia, dua orang tersebut kini masih menjalani isolasi di rumah masing-masing.

"Masih diisolasi. Di rumah masing-masing," kata Emil.