Image description
Image captions

Zakiah Aini (25),  perempuan yang menyerang Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) sore tadi diduga pernah menempuh pendidikan tinggi di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat.

 

 

Berdasarkan penelusuran di laman pddikti.kemdikbud.go.id, Zakiah Aini diketahui merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2013 di Universitas Gunadarma dengan nomor induk mahasiswa 29213660.

 

Dalam riwayat status kuliahnya, dia terdaftar sebagai mahasiswa aktif hanya selama 3 semester dan sudah mengambil 57 SKS.

 

Kemudian pada semester 4 (genap) tahun 2014, Zakiah Aini tercatat mengambil cuti kuliah, lalu statusnya menjadi non-aktif pada semester 5 (ganjil) tahun 2015.

 

Mahasiswi DO

 

Keterangan ini selaras dengan pernyataan pers Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyebut Zakiah Aini telah dikeluarkan dari kampus pada semester 5.

 

"Tersangka (Zakiah Aini) ini mantan mahasiswa di salah satu kampus, dan drop out pada saat di semester 5," kata Jenderal Listyo di Mabes Polri, Rabu malam.

 

 

Kapolri menyebut Zakiah Aini telah terpapar ideologi kelompok teroris ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) yang menyerang sendiri tanpa arahan.

 

"Tersangka ini lone wolf yang berideologi radikal isis yang dibuktikan dengan postingan yang bersangkutan di media sosial," ucapnya.

 

Catatan studi Zakiah Aini juga tercatat dalam 29213660.student.gunadarma.ac.id/blog.html, disana terungkap bahwa Zakiah memiliki sebuah blog dengan alamat zkyh.wordpress.com.

 

Blog tersebut sudah terhapus oleh pemiliknya, namun pernah terisi sejumlah tugas perkuliahan jurusan akuntansi seperti manajemen organisasi, pemasaran, koperasi, dan sebagainya.