Image description
Image captions

Umat kristiani akan menjalani ibadah Jumat Agung dan Paskah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan kondisi Jakarta aman sehingga umat nasrani bisa beribadat dengan tenang.

 

"Saya ucapkan selamat perayaan Jumat Agung dan insyaallah Jakarta tenang, tenteram, dan teduh semuanya," kata Anies Baswedan kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

Wagub DKI Ahmad Riza Patria sebelumnya mengatakan kegiatan ibadah Paskah tidak akan terganggu usai peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. Riza memastikan polisi akan memperketat keamanan.

"Pengamanan tentu sudah diatur ya oleh pihak keamanan, atas kejadian di Sulawesi tentu kita yakin aparat kepolisian akan meningkatkan upaya yang lebih baik lagi lebih optimal dalam rangka pencegahan, penanganan, dan pengendalian keamanan," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/3).

Riza mengingatkan soal protokol kesehatan. Sejauh ini, Riza mengatakan ibadah di gereja masih dilakukan secara online dan offline. Jumat Agung sendiri akan dilaksanakan pada 2 April mendatang.

Terpisah, Polda Metro Jaya menyebut ada 833 gereja di wilayah hukumnya yang akan menggelar ibadah Jumat Agung besok. Ribuan personel telah disiapkan untuk mengamankan ibadah tersebut.

"Jumat Agung besok ini di wilayah hukum Polda Metro Jaya saja ada 833 gereja melaksanakan ibadah dari 13 polres yang ada. Kekuatan yang kita turunkan sekitar 5.590 personel, baik itu polres maupun dari polda, nanti di-backup oleh teman-teman dari TNI juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Kamis (1/4).

Menurut Yusri, dari ratusan gereja tersebut, ada empat gereja dengan skala prioritas khusus dalam pengamanan. Empat gereja tersebut mulai Gereja Katedral hingga Immanuel di kawasan Jakarta Pusat.

Selain pengamanan dari TNI-Porli, Yusri mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pengamanan internal tiap gereja untuk mengamankan jalannya ibadah. Dia menyebut pengamanan juga dilakukan di titik-titik sepanjang lokasi gereja.

Yusri menyebut pengamanan akan dilakukan aparat hingga perayaan Paskah. Dia meminta masyarakat tidak khawatir untuk melaksanakan ibadah.