Image description
Image captions

Pengacara Profesor Muradi, Patrice Rio Capella, mengklaim kliennya tak pernah menikah dengan Miss Landscape Indonesia 2019, Era Setyowati alias Sierra. Rio mengatakan Prof Muradi tak pernah menikah secara sah ataupun siri dengan Sierra.

 

"Klaim ES (Sierra) yang menyatakan ada pernikahan pada 2018 adalah tidak benar. Karena hingga saat ini sama sekali tidak ada peristiwa pernikahan antara ES dengan Profesor M (Muradi), baik secara resmi maupun nikah siri," ujar Rio dalam konferensi pers di Menteng, Jakpus, Selasa (6/4/2021).

Rio menyebut ES dan pengacaranya, Razman Arif Nasution, telah memberi keterangan palsu. Dia juga menepis kabar bahwa Prof Muradi punya anak hasil hubungan dengan Sierra.

"Berkaitan dengan pelaporan ES ke KPAI yang mengklaim bahwa seolah-olah telah terjadi penelantaran atas anak yang dilahirkan oleh ES, adalah bentuk keterangan palsu yang diberikan ke lembaga negara (KPAI)," ujarnya.

"Fakta yang sebenarnya adalah hingga saat ini ES tidak pernah bisa membuktikan bahwa anak yang dilahirkannya adalah anak Prof M," tambah Rio.

Sebelumnya, Era Setiyowati atau Sierra datang ke KPAI untuk melaporkan suami sirinya, Profesor M. Dia menggandeng Razman Arif Nasution sebagai pengacara.

"Jadi dia (Sierra) ini berkenalan dengan salah satu guru besar, Profesor M, guru besar di salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia, salah satunya di Kota Bandung. Dan Mr M ini juga adalah komisaris independen, komisaris independen di BUMN terkemuka," kata Razman di kantor KPAI, Jakarta Pusat, Senin (5/4).

Hal itu disampaikan Razman setelah mendampingi Sierra membuat pengaduan. Dia juga menunjukkan bukti surat pengaduan bernomor 273/KPAI/PGDN/4/2021. Razman mengatakan Sierra dan M memiliki anak berusia 8 bulan. Menurutnya, M tidak menafkahi anak itu dengan baik.

 

M dan istri sahnya, disebut Razman, sempat datang ke kantornya untuk menyelesaikan masalah anak Sierra pada minggu lalu. Namun, kata dia, masalah itu tidak bisa dituntaskan sehingga mereka mengadu ke KPAI.

Sierra mengatakan anak tersebut tinggal bersamanya. Dia menyebut menikah siri dengan M pada 2018.

"Anaknya (saya dan M) ada (tinggal) sama saya. (Saya) nikahnya (dengan M) secara agama saja. (Pernikahan kami) sejak 2018," kata Sierra.

Sosok M kemudian terungkap lewat surat kuasa yang ditunjukkan Rio Capella. Dalam surat kuasa yang ditunjukkan oleh Rio, Muradi disebut sebagai dosen dan tinggal di Bandung, Jawa Barat.

"Membantah berbagai tuduhan yang tidak benar yang disampaikan oleh Era Setyowati alias Sierra melalui kuasanya Razman Arif Nasution pada 5 April 2021 di kantor KPAI," demikian pernyataan dalam surat kuasa itu.