Image description
Image captions

Pengacara Profesor Muradi, Patrice Rio Capella, mengatakan ada upaya pemerasan terhadap kliennya oleh finalis Miss Landscape 2019, Era Setyowati (Sierra), dan pengacara, Razman Arif Nasution. Rio mengancam akan melaporkan keduanya ke polisi.

 

Rio awalnya mempertanyakan mengapa Sierra dan Razman tak melakukan tes DNA lebih dulu sebelum datang ke KPAI terkait tudingan Muradi menelantarkan anak. Dia mengatakan harusnya Sierra dan Razman melakukan tes DNA dulu.

"Kalau misalnya memang mereka menyampaikan baik saudari ES dan pengacaranya, kenapa nggak test DNA dulu baru ke KPAI? Jadi bukan ke KPAI baru menyampaikan, menantang untuk test DNA. Menurut saya terbalik, DNA aja dulu baru kemudian bicarakan dengan klien kami, kalau tidak mau baru dibawa ke KPAI. Bukan ke KPAI baru menantang-nantang. Menurut saya ini logikanya terbalik," kata Rio dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Pengacara Klaim Prof Muradi Tak Pernah Nikahi Era Setyowati

Dia mengatakan Prof Muradi difitnah. Rio menyebut Sierra dan Razman melakukan upaya pemerasan Rp 2 miliar terhadap kliennya.

"Adapun tuduhan-tuduhan yang cenderung menurut klien kami merujuk ke fitnah dan ada upaya pemerasan, karena sebelum ini beliau (Muradi) sudah dihubungi, sebelum (Sierra) sampai ke KPAI dan dimintakan uang Rp 1 miliar. Sesudah ada pengacaranya maka meningkat jadi Rp 2 miliar," ujar Rio.

Dia mengancam akan melaporkan Sierra dan Razman ke polisi. Menurutnya, klarifikasi dari pihak Prof Muradi dilakukan untuk menepis tudingan Sierra dan Razman.

"Karena dia baru ke KPAI, ini kita jawab supaya berita ini tidak simpang siur dan kemudian menjadi hal-hal yang merugikan klien kami. Kami sampaikan ini disetop, kalau terus-terusan dikembangkan kami akan melakukan langkah hukum. Tentu melaporkan ini ke pihak berwajib, maka Polda Metro. Karena ini baru pertama kali, kami memberikan klarifikasi itu," ujarnya.

Sebelumnya, Sierra datang ke KPAI untuk melaporkan suami sirinya, Profesor M. Dia menggandeng Razman Arif Nasution sebagai pengacara.

"Jadi dia (Sierra) ini berkenalan dengan salah satu guru besar, Profesor M, guru besar di salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia, salah satunya di Kota Bandung. Dan Mr M ini juga adalah komisaris independen, komisaris independen di BUMN terkemuka," kata Razman di kantor KPAI, Jakarta Pusat, Senin (5/4).

Razman menunjukkan bukti surat pengaduan bernomor 273/KPAI/PGDN/4/2021. Razman mengatakan Sierra dan M memiliki anak berusia 8 bulan.

M dan istri sahnya, disebut Razman, juga pernah datang ke kantornya untuk menyelesaikan masalah anak Sierra. Namun, masalah itu tak bisa dituntaskan.

Sierra mengatakan anak tersebut tinggal bersamanya. Dia menyebut menikah siri dengan M pada 2018.

"Anaknya (saya dan M) ada (tinggal) sama saya. (Saya) nikahnya (dengan M) secara agama saja. (Pernikahan kami) sejak 2018," kata Sierra.

Sosok M kemudian terungkap lewat surat kuasa yang ditunjukkan Rio Capella. Dalam surat kuasa yang ditunjukkan oleh Rio, Muradi disebut sebagai dosen dan tinggal di Bandung, Jawa Barat.

"Membantah berbagai tuduhan yang tidak benar yang disampaikan oleh Era Setyowati alias Sierra melalui kuasanya Razman Arif Nasution pada 5 April 2021 di Kantor KPAI," pernyataan dalam surat kuasa itu.