Image description
Image captions

-

Ustaz Tengku Zulkarnain meninggal dunia saat dirawat usai dinyatakan positif Corona atau COVID-19. Doa dari keluarga dan sahabat terus mengalir untuk Tengku Zulkarnain.

Tengku Zulkarnain wafat pada Senin (10/5/2021). Dia meninggal saat menjalani perawatan di RS Tabrani, Pekanbaru, Riau.

"Benar, ustaz sudah meninggal dunia," kata Direktur Corporate Communication RS Tabrani, Ian Machyar.

Dia mengatakan Tengku Zulkarnain meninggal dunia 1 menit setelah azan magrib. Kondisi Tengku Zulkarnain, yang dirawat di ruang ICU, disebut menurun sejak sore.

"Baru saja 1 menit setelah selesai azan Magrib," ujarnya.

Tengku Zulkarnain dirawat di RS Tabrani sejak 2 Mei 2021. Dia diketahui positif Corona saat menjalani tes swab untuk pulang ke Medan.

Jenazah almarhum kemudian disalatkan di Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, Riau. Setelah itu, jenazah langsung dimakamkan sesuai protokol penanganan COVID-19.

"Jadi sebelum ke pemakaman mau disalatkan ke Masjid Agung An-Nur, beliau tokoh nasional. Jadi kita salatkan bersama, dengan protokol kesehatan, di dalam ambulans," ujar Ian.

Doa Terus Mengalir

Ucapan belasungkawa dan doa dari berbagai pihak terus mengalir untuk Ustaz Tengku Zulkarnain. Salah satunya dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Mari kita lanjutkan dan teladani kebaikan beliau. Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah beliau, mengampuni dosa-dosanya, dan memberikan tempat terbaik di sisi-Nya," kata Ma'ruf dalam rilis resmi dari Setwapres, Selasa (11/5/2021).

 

Ma'ruf juga mengenang sosok Tengku Zulkarnain sebagai sosok yang baik dan selalu mengisi kegiatannya dengan dakwah Islamiyah. Dia menyeut Tengku Zulkarnain sebagai sosok yang tegas dan lugas.

"Beliau adalah orang baik, tegas, dan lugas dalam menjalankan misi dakwah amar ma'ruf nahi mungkar. Beliau selalu mengisi hari-harinya dengan dakwah Islamiah," ujar Ma'ruf.

Keluarga Ustaz Tengku Zulkarnain di Medan juga menggelar salat gaib untuk mendoakan almarhum. Salat gaib diikuti warga yang hendak mendoakan almarhum.

Selain keluarga, salat gaib juga dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menggelar salat gaib bersama keluarganya.

"Selepas subuhan, kami sekeluarga Salat Gaib untuk Tengku Zulkarnain. Insyaallah husnul khatimah, ditinggimuliakan di sisi-Nya," ujar Anies.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar, Aceh Hasan Syadzily, juga menyampaikan dukacita. Dia mendoakan amal soleh Tengku Zulkarnain diterima Allah.

"Saya menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya Ustaz Tengku Zulkarnain. Semoga iman Islam dan amal solehnya diterima Allah SWT dan husnulkhatimah," kata Ace.

Ace mengatakan Tengku Zulkarnain merupakan sosok yang rajin berceramah untuk masyarakat. Dia juga menyebut Tengku Zulkarnain selalu memiliki pandangan kritis terhadap demokrasi dan jalannya pemerintahan.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, turut mendoakan Tengku Zulkarnain. Dia juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Doa juga datang dari Anggota DPR RI Fadli Zon. Selain mendoakan Tengku Zulkarnain, dia juga mengenang momen saat Tengku Zulkarnain memetik gitar dan menyanyikan lagu 'Angela' dari Jose Feliciano.

Tengku Zulkarnain ditemani Fadli Zon ketika bernyanyi Angela. Fadli Zon tampak terpukau dengan permainan gitar dan senandung Tengku Zulkarnain.

"Insya Allah husnul khotimah," tulis Fadli di akun Twitter-nya @fadlizon.