Image description
Image captions

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menjadi yang paling diidamkan publik untuk maju bertarung pada Pilpres 2024 dari kalangan militer.

 

 

Begitu temuan survei yang dipaparkan Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rifan dalam diskusi daring bertema "Capres-Cawapres Potensial 2024: Persepsi Publik Berdasarkan Klaster Figur," Selasa (8/6).

 

"Gatot Nurmantyo unggul dengan 13,9 persen. Kemudian Panglima TNI Hadi Tjahjanto 10,4 persen dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan 10,1 persen," ujar Ali Rifan saat memaparkan hasil surveinya.

 

Di bawah nama tersebut, ada mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo dengan 9,7 persen; dan Pangkostrad, Dudung Abdurachman yang sempat disorot usai menurunkan baliho Habib Rizieq Shihab dipilih sebanyak 8,9 persen.

 

Nama lain yang muncul dalam bursa Capres 2024 dari kalangan militer adalah mantan Panglima TNI Moeldoko 8,8 persen; Kepala Staf Angkatan Darat, Andika Perkasa dengan 7,5 persen; dan Kepala Staf Angkatan Laut, Yudo Margono 5,7 persen.

 

"Sementara sisanya 25 persen mengaku tidak tahu atau tidak jawab," pungkas Ali.

 

Survei ini dilakukan secara nasional pada 1 sampai 7 Mei 2021 di 34 provinsi di Indonesia dengan metode penarikan sampel adalah multistage random sampling.

 

Penarikan data responden melalui sambungan telepon dengan format pertanyaan berbentuk kuisioner. Jumlah responden yakni 1.000 responden dengan margin of error kurang lebih 3,10 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.