Image description
Image captions

Pelaku penyerangan Ustaz Abu Syahid Chaniago di Masjid Baitusyakur, Batam, Kepulauan Riau, telah diamankan. Pelaku berinisial H telah dibawa polisi ke Polresta Barelang.

 

 

"(Pelaku) sedang diperiksa," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, kepada detikcom, Senin (20/9/2021).

 

Harry mengatakan pelaku diamankan jemaah pengajian tidak lama setelah terjadi penyerangan. Di mana Ustaz Chaniago diserang dari sisi kanan.

 

"Penyerangan itu tiba-tiba. Terjadi saat Ustaz Abu Chaniago memberikan ceramah pukul 11.15 WIB. Di antara jemaah itu ada inisial H melakukan penyerang," ujarnya.

 

Hasil pemeriksaan sementara, H adalah warga Batu Ampar. Namun H berasal dari Langsa. Dia datang dari tempat tinggalnya dan langsung melakukan penyerangan.

 

 

"Pelaku datang saat memberikan ceramah. Ceramah itu memang sebagian besar ibu-ibu. Semua masih diperiksa, H ini tinggal di sana (Batu Ampar), tapi dari Langsa," ucapnya.

 

Dilihat dari video yang diterima detikcom, Senin (20/9), aksi penyerangan terjadi saat ustaz yang dikenal bernama Chaniago itu mengisi ceramah di Masjid Baitusyayakur, Batu Ampar, Batam.

 

Pria yang terakhir diketahui adalah H tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut. Sementara dalam video lainnya, terlihat pelaku diamankan jemaah.

 

Namun pelaku terus melawan. Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar