Image description
Image captions

Tim Satgas Pencegahan Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) TNI AU gelar tes urine dan sosialisasi P4GN terhadap prajurit, PNS Lanud Roesmin Nurjadin dan Yonko 462 Paskhas dalam rangka melakukan deteksi dini terhadap penyalahan narkoba, tempat di Balai Prajurit Edi Haryoko Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kamis (23/9/21).

Danpuspomau selaku Dansatgas P4GN TNI AU, Marsma TNI Danang Sulistyanto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ka Tim Satgas, Kolonel Sus Zia Fahrizal menegaskan, bahwa Satgas P4GN TNI AU mempunyai tugas dalam melaksanakan tindakan pre-emtive dan preventif serta represif terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkotika di lingkungan TNI AU.

“Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pencegahan, pemberantasan dan penyajian data dengan sasaran terciptanya kondisi TNI AU yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkotika”,ungkapnya.

Dansatgas P4GN TNI AU, Marsma TNI Danang Sulistyanto menyebutkan, bahwa pemeriksaan urine merupakan salah satu bentuk early warning terhadap kemungkinan penyalahgunaan narkotika sedangkan sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mendalam tentang narkotika dan akibat yang ditimbulkan dari aspek hukum, kesehatan, dan aspek pembinaan mental.

Baca juga:  Tunjang Pengetahuan tentang Pengadaan, Dirjen Bea Cukai Transfer Ilmu dengan Siswa Skadik 601

”Saya berharap kegiatan ini dapat membekali wawasan dan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak buruk yang ditimbulkannya serta cara mengantisipasinya sebagai kunci utama dalam memerangi narkoba” ujarnya.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Andi Kustoro, S.E, dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Kadisops Lanud Rsn Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar menyebutkan, bahwa Lanud Roesmin Nurjadin telah berkomitmen untuk memberantas narkoba dan tidak akan mentolorir bagi siapa saja (prajurit/pns) yang terbukti terlibat masalah penyalahgunaan narkoba, sanksi tegas akan diberikan sesuai dengan hukum yang berlaku.

“ Melalui Sosialisasi P4GN TNI AU, saya berharap seluruh prajurit dan PNS Lanud Roesmin Nurjadin menjadi lebih paham akan bahaya yang ditimbulkan narkoba, sehingga nantinya tidak ada satupun prajurit maupun PNS yang terjerumus”, sebutnya.

Kegiatan dilanjutkan penyerahan cendramata, penyematan Duta P4GN TNI AU kepada Danlanud Rsn yang diwakili Kadisops, kemudian dilanjutkan ceramah bidang kesehatan oleh Letkol Kes Tri Cahyo Kukuh, S.Krp., ceramah bidang hukum oleh Kolonel Sus Agus Suprapto, S.J., bidang POM oleh Kolonel Pom Agung Satya dan ceramah bidang Bintal disampaikan oleh Letkol Sus Mediansyah, M.Ag.

 

Turut dihadiri pejabat Lanud Rsn, Danskadud 12 Letkol Pnb Andri Setyawan, S.T.,M.M.,OAS., Danskadud 12 Letkol Pnb Putut Hanggiro, Dansakatek 045 Letkol Tek Surat, S.T., Dansatpom Letkol Pom I Gede Eka Santika, S.H., M.P.M., dan Kakum Lanud Rsn Letkol Sus Ridwan Yunardi, S.H., M.I.Pol.

Tes urine diikuti 74 orang hasilnya negatif, sedangkan sosialisasi diikuti oleh 75 orang, selama kegiatan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.