Image description
Image captions

TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II siap kembali berkolaborasi dengan United States (US) Navy dalam Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) ke-26 Tahun 2021. Hal tersebut terungkap dalam paparan Komandan Satkor Koarmada II yang juga sebagai pimpinan delegasi TNI AL, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo kepada Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) di Lounge Majapahit Koarmada, Rabu (6/10/2021).

 

“Kegiatan latma CARAT merupakan forum kerjasama militer Indonesia dan Amerika Serikat (Military to Military) khususnya program bilateral TNI AL dan USN Seventh Fleet, yang bertujuan meningkatkan kemampuan personel TNI Angkatan Laut bidang warfare capability dan menjadi media sharing pengetahuan dan keterampilan peperangan laut serta interoperabilitas dalam menghadapi tantangan keamanan maritim kawasan kedua negara, “ terang Kolonel Heri di awal paparannya.

 

Lebih lanjut Ia mengatakan jika Latihan bersama ini dimulai sejak tahun 1994, dan pada tahun 2021 merupakan CARAT yang ke-26 dengan penyelenggara latihan adalah Komando Armada (Koarmada) II bersama US 7th Fleet. Sementara tema yang diusung yakni “ TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Latma Carat 2021 Dengan US Navy Di Surabaya Dan Laut Jawa Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Dan Interoperabilty Kerja Sama Maritime Security, Amphibious Operations Dan Combatant Warfare Antar Kedua Angkatan Laut ”.

 

Rencana latihan bersama CARAT 2021 akan dilaksanakan tanggal 1 s.d. 12 November 2021 di Surabaya dan Laut Jawa. TNI AL dalam latihan ini akan mengerahkan 1 Frigate RE Martadinata Class, 1 Korvet Fatahillah Class, 1 KCR Sampari Class, 1 Helikopter dan 1 Pesud Maritime Patrol Aircraft. 

 

Sedangkan keterlibatan US Navy adalah 1 LCS Independence Class, 1 T-EPF Millinocket Class, 1 MH-60, dan 1 Pesud P-8 Poseidon. Selain itu akan dilaksanakan beberapa working group dan forum diskusi antara kedua Angkatan Laut yaitu: Minex/EODEX, Divex, Medical, Land Operations, Legal, Maritime Domain Awareness dan Force Protection.

 

 

Menanggapi paparan Kolonel Heri, Pangkoarmada II selaku Pengendali Operasi dalam latma bilateral ini meminta kepada seluruh pendukung yang terlibat CARAT 2021 agar mempersiapkan secara matang semua hal yang dibutuhkan dalam latihan, termasuk juga kendala-kendala yang dihadapi agar diselesaikan mulai sekarang. Supaya saat latihan nanti semuanya dapat berjalan lancar sesuai tujuan dan sasaran. 

 

“Sebab Latma CARAT 2021 ini adalah salah satu latihan bilateral dengan angkatan laut negara asing, yang sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar membangun sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi. Jadi harus kita siapkan sebaik mungkin,” pungkas Pangkoarmada II.