Image description
Image captions

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan perkembangan terkait penyidikan kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Bharada Richard Eliezer atau Bharada E kepada Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Jenderal Sigit menegaskan akan menindak tegas semua yang terlibat pembunuhan tersebut.


"Yang jelas bahwa penanganan penyidikan sudah mulai, penetapan tersangka juga sudah dilakukan oleh timsus, dan itu tidak berhenti sampai di situ, dan terus akan dikembangkan sehingga semuanya menjadi jelas," kata Jenderal Sigit saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Sigit memastikan pihaknya akan mengusut semua pihak yang terlibat dalam pembunuhan itu. Dia menegaskan akan menindak tegas siapapun yang terlibat.

"Terkait dengan siapapun yang terlibat di dalam proses tindak pidana tersebut tentunya kita akan tindak tegas," ucap dia.

25 Personel Polri Diperiksa
Jenderal Sigit juga menyampaikan terkait sejumlah perwira tinggi hingga perwira menengah diperiksa oleh Inspektorat Khusus bentukan Kapolri. Total ada 25 polisi yang diperiksa atas dugaan ketidakprofesionalan dalam penanganan tempat kejadian perkara (TKP).

"Personel ini kita periksa terkait dengan ketidakprofesionalan dalam penanganan TKP," ucap Sigit.

Selain mengenai ketidakprofesionalan dalam penanganan TKP, 25 personel polisi itu diduga menghambat proses penyidikan.

"Dan juga beberapa hal yang kita anggap bahwa itu membuat proses olah TKP dan juga hambatan-hambatan dalam hal penanganan TKP dan penyidikan yang tentunya kita ingin bahwa semuanya bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Lebih lanjut, Sigit menekankan 25 personel tersebut bisa saja diusut secara pidana.

"Kita akan menjalankan proses pemeriksaan terkait dengan pelanggaran kode etik dan tentunya apabila ditemukan adanya proses pidana kita juga akan memproses pidana yang dimaksud," ucap Jenderal Sigit.

Berikut ini 25 personel polisi yang diperiksa:

- 3 Personel Pati
- 5 Personel Kombes
- 3 Personel AKBP
- 2 Personel Kompol
- 7 Personel Pama
- 5 Personel Bintara dan Tamtama