Image description
Image captions

Satuan Tugas Khusus Merah Putih Polri atau Satgassus Polri telah dihentikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kapolri menyebut semua kegiatan Satgassus Polri disetop.


"Bapak Kapolri secara resmi sudah menghentikan kegiatan dari Satgassus Polri. Artinya sudah tidak ada lagi satgassus polri," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mako Brimob, Depok, Kamis (11/8/2022).

Dedi tidak menjelaskan detail mengapa Satgassus ditiadakan. Satgassus itu sebelumnya sempat dipimpin Irjen Ferdy Sambo hingga Ferdy Sambo dicopot dari jabatan tersebut.

Ia juga belum menjelaskan lebih lanjut keterkaitan Satgassus yang pernah dipimpin Ferdy Sambo yang kini menjadi tersangka dengan kasus pembunuhan berencana Brigadir Yoshua alias Brigadir J.

Brigadir J tewas di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7). Brigadir J awalnya disebut tewas akibat baku tembak dengan Bharada Eliezer atau Bharada E.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lantas membentuk tim khusus untuk mengusut kasus ini. Setelah proses penyidikan berjalan, Kapolri Jenderal Sigit mengumumkan Ferdy Sambo menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Ferdy Sambo disebut menjadi dalang penembakan dan merekayasa kasus tersebut.

"Timsus menetapkan Saudara FS sebagai tersangka," kata Sigit di Mabes Polri, Selasa (9/8).

Selain Ferdy Sambo, Polri juga menetapkan Kuat Ma'ruf, Bharada E atau Richard Eliezer dan Bripka RR atau Bripka Ricky Rizal sebagai tersangka..0 dtk