Image description
Image captions

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara tegas akan mengusut tuntas terkait isu Konsorsium Judi Online atau Konsorsium 303 dan Kekaisaran Sambo di tubuh Polri. 

Dalam diagram yang sempat ramai di media sosial, sedikitnya ada 13 nama petinggi Polri yang disebut dalam Konsorsium 303.

Kapolri Listyo Sigit pun sudah meminta kepada seluruh jajarannya untuk mengusut kebenaran isu Konsorsium 303 yang tengah ramai dibicarkan. 

“Seraya memerintahkan mengusutnya sampai ke atas, begitu didapatkan nama, red notice atau cekal,” demikian perintah Kapolri yang tertulis dalam website resmi Polri, tribratanews.polri.go.id, dikutip Sabtu 24 September 2022.

Kapolri menegaskan, dalam pengusutan isu konsorsium 303 itu, Polri akan bekerja sesuai fakta berdasarkan scientific crime investigation dalam proses pengungkapan grafik tersebut.

"Apakah dalam pengusuan itu ada anggota Polri yang terlibat, saya meminta agar isu tersebut betul-betul diungkap," ujarnya. 

“Itu lah yang menjadi dasar pengusutan dengan pendekatan scientific crime investigation,” imbuhnya.

Menurut Kapolri, sebuah kerangka hukum tidak bisa didasarkan pada asumsi-asumsi. Untuk itu, perlu pembuktian yang cermat guna mengungkap nama-nama yang terlibat. 

Berikut nama-nama petinggi Polri yang tercantum dalam diagram Konsorsium 303 yang beredar di media sosial: 

1. Irjen Ferdy Sambo (mantan Kadiv Propam Polri/ dipecat karena pembunuhan Brigadir Joshua)

2. Irjen Nico Afinta (Kapolda Jatim/ masih aman)

3. Irjen Suwondo Nainggolan (Kakorbinmas Baharkam Polri/ masih aman)

4. Irjen Adi Deriyan Jayamarta (Staf Ahli Jemen Kapolri/ masih aman)

5. Irjen Fadil Imran (Kapolda Metro Jaya/ masih aman)

6. Irjen R. Z. Panca Putra Simanjuntak (Kapolda Sumatera Utara/ masih aman)

7. Brigjen Herry Heryawan (Dirsidik Densus 88 AT Polri/ masih aman)

8. Kombes John Weynart Hutagalung (Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Polri/ masih aman)

9. Kombes Taufik Herdiansyah (Kabid Propam Polda Jatim/ masih aman)

10. AKBP Jerry Raimond Siagian (mantan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya/ dipecat dalam sidang etik terkait kasus Sambo, tapi masih banding)

11. AKBP Ari Cahya Nugraha (mantan Kanit 1 Subdit 3 Dittipidum Bareskrim Polri/ dicopot terkait pelanggaran etika, menunggu sidang etik)

12. Kompol Rovan Richard Mahenu (Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya)

13. AKP Irfan Widyanto (mantan Kasubnit I Subdit III Dirtipidum Bareskrim Polri/ dicopot dan jadi tersangka obstruction of justice, menunggu sidang etik).

 

Sumber: disway