Image description
Image captions

 Satgas Yonarmed 19/105 Tarik Bogani bersama dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Tim Mabes TNI melakukan survey Kegiatan survey dan pengecekan patok batas negara serta sarana prasarana Hankam Tahun 2022 di wilayah Kalimantan Barat.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Satgas, Jumat (14/10/2022), kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sama dan telah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021 lalu yang dilaksanakan oleh BNPP bersama Mabes TNI yang hal ini diwakilkan oleh Sops Panglima TNI dan Kodam XII/TPR.

Untuk kelancaran kegiatan di lapangan didukung oleh Personel dari Satgas Pamtas Ri-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani. Kegiatan survey tersebut dilaksanakan dalam waktu dua hari di pos-pos dan patok-patok perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

“Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani memberikan dukungan secara teknis di lapangan dalam rangka membantu kelancaran kegiatan survey Sarpras Hankam serta patok-patok perbatasan yang dilaksanakan oleh BNPP dan Mabes TNI. Kami mengantarkan rombongan ke pos-pos serta menuju ke patok perbatasan yang akan disurvey, ” ujar Dansatgas Letkol Arm Edi Yulianto Budiargo.

“Kegiatan survey yang dilaksanakan di jajaran SSK II, Kabupaten Kapuas Hulu dilaksanakan selama 2 hari mulai dari hari Kamis (13/10/2022) hingga hari Jumat (14/10/2022), ” tambahnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di wilayah jajaran SSK II dengan mendatangi tujuh Pos Satgas. Maksud dari kegiatan survey atau identifikasi tersebut adalah untuk mengetahui kondisi secara nyata pilar atau patok batas negara dan Sarpras pendukung fungsi Hankam di perbatasan, khususnya Pos Satgas Pamtas dan perangkat pendukungnya seperti kendaraan roda dua dan roda empat, alat komunikasi, Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP), Jalur Administrasi (JA), helipad, air strip, dan menara BTS.

Hasil survey atau identifikasi tersebut nantinya akan dijadikan bahan perumusan rekomendasi kebijakan dan program oleh BNPP, Menhan dan Panglima TNI, sekaligus sebagai bahan koordinasi program dan untuk instansi terkait lainnya, seperti Kemen PPN/Bappenas, Kemen PUPR, Kemenhub, Kemen Kominfo, Pemprov, dan Pemkab.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat, Andi Nurdiansyah beserta staf dari BNPP, Pabandya Ops Mabes TNI Letkol Inf Riandi, Pabanda Siapsat Sopsdam XII/Tpr Mayor Inf Reymond, Kasilahdatatop Topdam XII/Tpr Mayor Ctp Yudi Prayitno, Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. beserta perwira staf Kotis dan Komandan SSK II. (Dispenad)