Image description
Image captions
Image description
Image captions

Ratusan prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) menggelar latihan Trisula Perkasa di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Jawa Barat. Kamis, (20/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Komandan Kopasgat Marsekal Muda TNI Taspin Hasan S.A.P., terjun langsung melaksanakan operasi Anti Lawan Bajak Udara (ALBARA) dan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) dalam mempertahankan Pangkalan hingga pembebasan sandera.

Latihan Trisula Perkasa kali ini melibatkan sejumlah alutsista yang dimiliki Kopasgat TNI AU diantaranya GPS Jammer, Rudal QW-3, Ransus anti bajak udara MIT Ares, Ransus M3CS, Ranpur ILSV dengan kemampuan Remote Control Weapon System (RCWS), Mortir, Senjata Lawan Tank, Gatling, sniper anti material dan drone pengintai canggih.

Kegiatan latihan Trisula Perkasa tersebut digelar guna meningkatkan kemampuan dan melatih kesiapsiagaan Pasukan Kopasgat TNI AU khususnya dalam mendukung Pengamanan acara Presidensi G20 mendatang.

“Terkait dengan Latihan Trisula Perkasa Kopasgat ini, bahwa dalam skenario latihan diasumsikan bahwa BIJB telah dikuasai dan diduduki oleh musuh, Kopasgat dengan kekuatan dan kemampuan satuan-satuannya melaksanakan misi operasi untuk merebut, mempertahankan dan mengoperasionalkan kembali BIJB bagi kepentingan operasi udara dan kepentingan Nasional,” ujar Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kepada awak media, Kamis (20/10/2022).

Menurut Panglima TNI, BIJB Kertajati Majalengka merupakan salah satu objek vital Nasional yang harus diamankan dan dipertahankan sebagai salah aset strategis negara. Karena itu, sebagai mana peran Mabes TNI dalam latihan Trisula Perkasa Kopasgat Tahun 2022 ini adalah, senantiasa memberikan support dan dukungan penganggaran latihan dan pengadaan baik Alutsista dan peralatan tempur, baik produk dalam negeri maupun produk modernisasi luar negeri.

“Di mana tujuan penting dan prioritas yang dimaksud adalah untuk melatih dan memantapkan satuan Kopasgat dalam mendukung Program Nasional Pengamanan Presidensi G-20 di Bali,” ucap Panglima.

Pada akhir latihan, ditampilkan operasi pembebasan sandera di dalam pesawat oleh Albara Satbravo 90 Kopasgat. Setelah pembajak dapat dilumpuhkan, selanjutnya dilaksanakan konsolidasi dan pengamanan baik personel, pesawat yang dibajak maupun Bandara Internasional Kertajati.

 

Kegiatan Latihan Trisula Perkasa dinyatakan selesai dengan upacara penutupan dan pengangkatan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Warga Kehormatan Kopasgat di Apron Bandara Internasional Kertajati Majalengka. Pada upacara tersebut bertindak selaku Inspektur upacara adalah Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa. Pada akhir upacara, dilanjutkan dengan acara pengangkatan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Warga Kehormatan Kopasgat, yang ditandai dengan pemakaian baret Jingga, Wing Komando Kopasgat, Brevet Dalpur, dan Brevet Anti Terror oleh Wakasau Marsdya TNI A. Gustav Brughman, M.Si (Han) dalam bentuk upacara kemiliteran.

Hadir pada Latihan Trisul Perkasa tahun 2022 tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han)., Dankodiklatau Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Hetty Andika Perkasa, para pejabat TNI, para Komandan jajaran Kopasgat dan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah IV Kopasgat beserta pengurus.