Image description
Image captions
Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto melaksanakan kunjungan ke kapal China Ark Peace (866), Senin (14/11/2022) yang tengah sandar di Dermaga JICT, Tanjung Priok Jakarta.

Selama onboard di Kapal Rumah Sakit China tersebut, Pangkoarmada RI dan rombongan diawali dengan menyaksikan video dokumentasi kegiatan Kapal Ark Peace sejak tahun 2010 sampai 2022 sebagai kapal Bahtera Perdamaian dalam rangka misi Harmoni kemanusiaan dan perdamaian.

Selanjutnya dengan dipandu beberapa petugas dari kapal China Ark Peace (866), Pangkoarmada RI meninjau beberapa ruangan dan peralatan medis sekaligus berdialog dengan beberapa petugas medis di kapal rumah sakit tersebut. Kunjungan pun diakhiri dengan penyampaian pesan dan kesan serta plakat.

Saat melaksanakan kunjungannya Pangkoarmada RI didampingi oleh Kadiskesal, Asintel Pangkoarmada RI, Aspotmar Pangkoarmada RI, Wakapuskes TNI, dan pejabat Kemenkes RI serta Kadiskes Koarmada RI. 

Sementara itu dari Kapal Rumah Sakit China Pangkoarmada RI dan rombogan disambut antar lain oleh Rear Admiral Qiu Wensheng, Commander of “Mission Harmony- 2022”, Rear Admiral Jiao Zhanfeng, Commander of “Mission Harmony-2022”. Senior Captain Zhang Congxin, Director of Health Bureau, PLA Navy., dan Captain Deng Qiang, Commanding Officer of Ark Peace.

Kehadiran kapal China di Teluk Jakarta dalam rangka port visit atau kunjungan pelabuhan untuk melaksanakan kegiatan pengobatan. Kapal Peace Ark yang singgah di Indonesia selama 10-18 November. Hal itu merupakan misi kemanusiaan Peace Ark ke luar negeri yang ke-10 setelah sebelumnya pada tahun 2013 melakukan kunjungan ke Indonesia.

TNI AL dibawah kepemimpinan Laksamana TNI Yudo Margono berkomitmen untuk siap bekerjasama dalam menjaga kemanan dan stabilitas kawasan dengan cara meningkatkan kerja sama bidang latihan bersama baik bilateral maupun multilateral. Hal ini menggambarkan bagaimana pentingnya Kerjasama Angkatan laut dengan negara-negara sahabat untuk menjaga stabilitas keamanan kawasan dan membangun kepercayaan internasional terhadap TNI AL.