Image description
Image captions

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw tengah disorot publik dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kepala BMKG dan Kepala Basarnas. Pasalnya, saat sedang memimpin rapat dan kemudian terjadi gempa, ia justru tertawa ngakak.

Sikap dari Roberth Rouw ini kontan menuai kritik pedas dari publik. Ia dinilai menganggap enteng  gempa yang bahkan menewaskan nyawa ratusan warga di Cianjur, Jawa Barat.

Momen ketika Roberth Rouw tertawa ngakak saat terjadi gempa di Cianjur terekam oleh kamera karena rapat tersebut ditayangkan secara live di kanal YouTube Komisi V DPR RI Channel.

Dalam tayangan tersebut, Roberth Rouw terlihat tertawa ketika menyadari ada guncangan gempa.

"Gempa. Ini BMKG bikin gempa ini," tutur Roberth sambil tertawa ngakak.

Jika dihitung, salah satu kader dari fraksi Partai NasDem ini cukup lama tertawa-tawa. 

Tawa dari Roberth ini agak mereda ketika Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memberikan imbauan melalui pengeras suara. Dwikorita meminta agar peserta rapat bersembunyi di bawah meja jika terjadi gempa susulan.

"Mohon maaf, kalau ada gempa bersembunyi di bawah meja," ujar Dwikorita.

Bukan menanggapi serius imbauan dari Dwikorita, Roberth justru terlihat seperti menyepelekan apa yang diimbau oleh Kepala BMKG tersebut.

"Iya. Ini lihat ini, harus ikut kepala BMKG. Iya, kepala Basarnas belum ikut. BMKG sudah langsung masuk meja," ucap Robert masih sambil tertawa.

Diduga karena mendapatkan respons kurang baik, Dwikorita lantas mencoba mengimbau kembali peserta rapat.

"Mohon izin sebentar, Bapak. Seandainya ada lagi mohon untuk masuk di bawah meja. Dan kalau sudah tenang sebaiknya kita keluar melalui pintu dibagi, yang sebelah sana pintu sana, sebelah sana pintu sana," kata Dwikorita.

Sikap dari Roberth Rouw ini lantas mendapatkan kritik pedas dari netizen. Melalui kolom komentar, beberapa netizen melayangkan kritik atas perilaku dari Roberth yang dirasa tidak beretika.

"RIP etika pimpinan rapat. Malah ketawa," ujar netizen.

"Blok!" imbuh netizen lain.

"6:42 gempa," komentar netizen lainnya lagi.

 

Sumber: suara