Image description
Image captions

-Wakil Ketua Komisi V DPR, Roberth Rouw menertawakan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang masuk ke kolong meja saat gempa terjadi pada Senin kemarin. 

Atas hal ini, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Roberth untuk introspeksi diri agar tidak mengulangi kejadian tersebut. 

"Oleh karena itu kami meminta hal ini agar tidak diperpanjang," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/11/2022). Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra itu mengatakan apa yang dilakukan oleh Roberth tidak ada unsur kesengajaan, melainkan spontanitas. 

"Itu juga spontanitas karena ya jarang terjadi ketika lagi rapat, kemudian ada yang masuk di bawah kolong meja," jelas dia. 

Meski demikian, Dasco memahami yang dilakukan oleh Dwikorita itu adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) ketika terjadi gempa. Sebelumnya, Roberth menertawakan Dwikorita yang bersembunyi di kolong meja saat terjadi gempa pada Senin (21/11/2022) kemarin. Titik gempa berada di Cianjur, Jawa Barat, dengan magnitudo 5,6. “Gempa, he he he.

 Ini BMKG bikin gempa ini ha ha ha," kata Roberth saat memimpin rapat. Kemudian, Dwikorita meminta agar semua peserta rapat segera bersembunyi di bawah meja.  "Mohon maaf kalau ada gempa bersembunyi di bawah meja,” ucapnya. 

Permintaan itu kemudian langsung dibalas oleh Roberth dengan turut meminta semua pihak mengikuti arahan Dwikorita. "Ini lihat ini, harus ikut kepala BMKG. Iya Kepala Basarnas belum ikut, BMKG sudah langsung masuk meja. Iyaa, ha ha ha,” kata dia.

 

Sumber: tvone