Image description
Image captions

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berpesan kepada prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang memperingati hari jadi ke-72. Agus menegaskan prajurit baret merah harus menghindari tindakan negatif yang akan merusak nama baik Kopassus dan TNI.

"Hindari tindakan negatif yang berpotensi dapat merusak nama baik korps baret merah dan TNI," ujar Agus di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur (Jaktim), Selasa (30/4/2024).

Selain itu, Agus meminta seluruh prajurit menanamkan semangat rela berkorban dan pantang menyerah. "Sehingga dapat menyelesaikan tuntutan tugas dengan optimal," sambung dia.

Agus menuturkan Kopassus telah menorehkan prestasi sedari awal dibentuk. Sejumlah prestasi, dipaparkan Agus, antara lain operasi pembebasan sandera Mapen Duma dan ekspedisi Everest.

"Sejak berdiri pada tanggal 16 April 1956, Kopassus telah menunjukkan keberhasilannya dalam berbagai operasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Selaku Panglima TNI, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-72 Kopassus di mana pun berada dan bertugas," ucap Agus.

"Keberhasilan antara lain pada operasi pembebasan sandera Mapen Duma pada tanggal 8 Januari 1996. Tim nasional ekspedisi Everest juga berhasil menaklukkan Puncak Gunung Everest pada 1997 dalam rangka HUT ke-45," lanjut Agus.

Agus menuturkan Kopassus juga aktif di bidang sosial dan masyarakat serta kompetisi olahraga tingkat dunia yang mengharumkan nama Indonesia. Dia berharap, dengan tema ini dapat mendukung TNI melakukan performa terbaik dalam berbagai operasi di daerah penugasan.

"Saya berharap Prima, TNI yang profesional, responsif, integratif, dan adaptif dalam menghadapi berbagai dimensi ancaman yang semakin luas dan kompleks. Saya berharap Kopassus terus melakukan terobosan-terobosan yang mutakhir," kata Agus.

Agus kemudian mengapresiasi kesetiaan seluruh prajurit Kopassus. Ia berharap pembangunan Kopassus ke depannya dapat memberdayakan industri pertahanan global.

"Pembangunan ke depan dititikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Dengan tujuan memperdayakan industri pertahanan global namun tetap memegang teguh semangat kemandirian industri pertahanan dalam negeri guna tercapainya postur pertahanan yang ideal," tutur Agus.

Tahun ini HUT Kopassus mengusung tema 'Mengabdi dengan Kehormatan, Pelindung Sejati Kedaulatan'. HUT ke-72 Kopassus ini dihadiri Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Guna Sadikin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan berbagai tokoh lainnya.

sumber: detik