Image description
Image captions
Image description
Image captions

 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyiapkan lebih dari 17 ribu petak makam khusus Corona secara bertahap bulan depan. Hal tersebut dia utarakan setelah mengecek kesiapan di TPU Rorotan.

"Jadi insyaallah di bulan depan secara bertahap kita akan mempersiapkan tidak kurang dari 17.100 petak. Mulai minggu depan di Rorotan sudah bisa difungsikan," ujar Riza kepada wartawan di TPU Rorotan, Rabu (27/1/2021).

Menurut Riza, ketersediaan lahan untuk jenazah COVID-19 di Jakarta sama sekali tidak ada masalah. Hanya, perlu ada kalkulasi untuk menyiapkan petak sekaligus mengukur angka kematian per hari.

 

"Prinsipnya, ini sudah ada jadwalnya. Di sini kan sudah siap. Jadi semuanya itu secara bertahap, kita kan sudah mengukur angka kematian per hari berapa, kemampuan kita menyiapkan petak berapa. Jadi prinsipnya ketersediaan lahan tidak ada masalah," tuturnya.

Namun, walaupun punya lahan yang luas, Riza berharap tidak ada penambahan jenazah COVID-19 lagi. Riza mengatakan menyiapkan lahan besar di ibu kota itu sulit, tapi tetap disiapkan dengan baik.

"Sekalipun Jakarta adalah ibu kota, sulit menyiapkan lahan dalam jumlah besar. Tapi untuk pemakaman COVID kami siapkan sebaik mungkin. Namun demikian kita terus berupaya agar ke depan tempat-tempat pemakaman ini tidak diisi lagi oleh korban-korban COVID," terang Riza.

iza pun meminta masyarakat terus tertib disiplin protokol kesehatan. Menurutnya, penerapan prokes penting agar terhindar dari virus Corona.

"Tentu dengan harapan dukungan dari masyarakat mari kita terus laksanakan protokol COVID dengan sebaik-baiknya, 3M. Hidup sehat, teratur, bersih, disinfektan selalu dilakukan di rumah. Jangan lupa hand sanitizer. Berolahraga, berjemur, kemudian makan yang bergizi, herbal, dan sebagainya," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menargetkan TPU Rorotan, Jakarta Utara, bisa digunakan untuk tempat pemakaman jenazah pasien COVID-19 pada Februari mendatang. Tercatat ada empat TPU untuk pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19 yang disiapkan.

"Sampai saat ini yang kita siapkan empat lokasi. Yang pertama itu Srengseng Sawah itu 5.000 meter persegi. Yang kita tutup sudah 560 petak. Per tanggal 25 kan kita tutup kemarin, ya," ujar Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Nurcahyo kepada wartawan, Selasa (26/1).

 

Lokasi kedua adalah TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur. TPU ini sudah bisa digunakan untuk pemakaman COVID-19. Hingga Senin (25/1), sudah ada 162 jenazah yang dimakamkan di TPU Bambung Wulung.

"Kapasitas petak makamnya 800 petak makam. Kalau untuk area sekitar 3.000 meter yang sudah siap," ucapnya.

Lokasi ketiga berada di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, yang berada di Jalan Sahabat. Ada 1,3 hektare lahan yang disiapkan.

"TPU Tegal Alur, yang posisi di Jalan Sahabat Tegal Alur. Itu luasnya kira-kira sekitar 1,3 hektare, ya. Itu kita siapkan pemakaman jenazah muslim protap COVID. Sejumlah 2.700 petak. Saat ini posisi masih persiapan, yang di Jalan Sahabat itu," katanya.

Kemudian lokasi pemakaman khusus yang disiapkan berikutnya ada di TPU Rorotan. Pemprov DKI menargetkan TPU Rorotan dapat digunakan pada Februari 2021.

"Keempat, itu Rorotan, yang teman-teman pasti sudah tahu semua ya soal TPU Rorotan. Rorotan itu luasnya 8.100 meter persegi, itu petak yang disiapkan 1.500 petak untuk muslim juga rencananya di situ," ucapnya.

"Rorotan sebenarnya petak di sana sudah siap, tapi sekarang tinggal buat jalannya atau akses menuju ke pemakamannya. Ya mudah-mudahan sih kalau kita bisa kejar nih dan cuaca terang terus, nggak banyak hujan, bisa kita segerakan di minggu pertama atau minggu kedua di bulan Februari," imbuhnya.