Image description
Image captions

 - 

Senyum merekah di wajah nenek Mayuh, istri mendiang salah satu pejuang Veteran, Zainal Abidin. Nenek berusia 85 tahun itu mendapat hadiah 'bedah rumah' dari jajaran prajurit TNI Kodim 0415/Batanghari Jambi.

Rumah yang ditinggali nenek Mayuh bersama anak dan cucunya di Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, itu sudah tidak layak huni. Dinding bangunan 4x6 meter yang berbahan kayu itu sudah mulai lapuk dengan atap rumah yang mulai bocor dan kondisi kamar mandi tidak layak pakai.

Nenek Mayuh sehari-hari bekerja sebagai penjual buah nangka di pinggir jalan. Dengan kondisinya itu, nenek Mayuh belum bisa merenovasi rumahnya lantaran kondisi keuangan nenek Mayuh semakin sulit sejak meninggalnya sang suami 20 tahun lalu.

"Nenek ini cuman jadi penjual nangko (buah nangka) manalah bisa baiki rumah, untuk makan sehari-hari be sudah cukup. Nenek terimo kasih banyak nianlah dengan bapak-bapak TNI yang sudah mau bantu bagusi rumah nenek niTerimo kasih banyak, terimo kasih banyak nian lah," kata nenek Mayuh di kediamannya, Minggu (16/8/2020).

Nenek Mayuh, janda Veteran yang dihadiahi bedah rumah dari TNI Kodim 0415/Batanghari JambiRumah Nenek Mayuh yang dihadiahi bedah rumah dari TNI Kodim 0415/Batanghari Jambi (Foto: dok. Kodim 0415/Batanghari Jambi)

Untuk hidup sehari-hari bersama anak dan cucunya, nenek Mayuh hanya mengandalkan hasil berjualan nangka dan yang pensiunan suaminya. Ia pun berterima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0415/Batanghari Jambi yang telah memberinya kado bedah rumah menjelang HUT ke-75 RI.

"Terima kasih, Pak TNI. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih bantuan bedah rumahnya," ujar Nenek Mayuh, sembari menghela napas dan tak henti mengucap syukur.

Sementara itu, Komandan Kodim 0415/Batanghari Jambi, Kolonel Inf J. Hadiyanto mengatakan program yang dinamai 'Karya Bhakti Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)' ini merupakan dedikasi jajaran Kodim Jambi kepada janda veteran sebagai kado peringatan 17 Agustus nanti.

"Informasi tentang kondisi nenek Mayuh yang merupakan janda Veteran ini kita dapatkan setelah Babinsa kita memberikan data itu, dan tentu tugas kita harus memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan untuk Nenek Mayuh karena sepantasnya didapatkan. Sebagai salah satu wujud kita untuk berbagi saat memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Hadiyanto.

Nenek Mayuh, janda Veteran yang dihadiahi bedah rumah dari TNI Kodim 0415/Batanghari JambiRumah Nenek Mayuh yang dihadiahi bedah rumah dari TNI Kodim 0415/Batanghari Jambi (Foto: dok. Kodim 0415/Batanghari Jambi)

Menurut Hadiyanto, kemerdekaan Indonesia yang merupakan jerih payah para pejuang tidak bisa dianggap remeh dan harus dimaknai dengan rasa saling menghormati. Selain program bedah rumah, Kodim 0415/Batanghari Jambi juga akan membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan.

"Selain bedah rumah, nanti ada juga ratusan paket sembako yang akan kita bagikan kepada warga pas di HUT RI nanti," ujar Hadiyanto.

Baca juga:Polisi Jambi Razia Sumur Minyak Ilegal di Dalam Hutan, Pelaku Berhasil Kabur

"Makna kemerdekaan tidak hanya sekadar ucapan kosong tanpa arti. Di dalamnya terdapat sejarah panjang penuh perjuangan tanpa henti. Momen kemerdekaan menjadi salah satu momen membuat seluruh masyarakat Indonesia bersatu," pungkasnya.